80s toys - Atari. I still have
HomeArtikelMutiara KataTrick & TipsFree D☻wnl☻ad.

Welcome To ♂Nę H℮♥®Ť


Mutiara List
Mutiara Kehidupan
Mutiara Cinta

Fungsi Vitamin dan Mineral

Artikel Kesehatan

nama gambar

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menjadi dewasa. Biasanya saat remaja aktifitas akan semakin meningkat baik secara fisik ataupun mental. Kebutuhan vitamin untuk usia remaja pun berbeda dengan kebutuhan vitamin untuk anak-anak ataupun orang dewasa.
Karena pada masa remaja pertumbuhan tubuh sedang terjadi dan apabila tidak ditunjang dengan asupan vitamin & mineral yang sesuai dengan kebutuhan mereka maka dapat menganggu proses pertumbuhannya.

nama gambar

Vitamin dan mineral berfungsi untuk membuat tubuh bekerja dengan baik. Sebenarnya vitamin dan mineral sudah terdapat di dalam bahan makanan sehari-hari. Tetapi terkadang karena gaya hidup, diet, ataupun hal lain yang menyebabkan kita tidak seimbang dalamtmengkonsumsi makanan membuat kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh menjadi tidak terpenuhi.

Vitamin sendiri terbagi menjadi 2 kategori,yaitu:
~Vitamin yang larut dalam lemak dan vitamin yang larut dalam air.
~Vitamin yang larut dalam lemak adalah:
vitamin A, D, E,K yang dapat disimpan oleh tubuh karena sifatnya yang larut dalam lemak tubuh.
Sedangkan vitamin yang larut dalam air yaitu:
Vitamin B kompleks & C tidak bisa diserap oleh tubuh karena harus dilarutkan dulu dalam air.
Vitamin B kompleks & C yang tidak terserap oleh tubuh itu selanjutkan akan dikeluarkan oleh sistem pembuangan tubuh. Akibatnya kita membutuhkan asupan vitamin tersebut setiap hari.
Sumber dari vitamin yang alami bisa didapat dari sayur, buah & produk hewani.

Sementara mineral merupakan zat yang terdapat di dalam tanah dan air, biasanya diserap oleh tumbuhan atau termakan oleh hewan.
Ada beberapa jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah besar seperti kalsium dan ada juga yang hanya dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit atau yang biasa disebut dengan trace mineral
Seperti: zat besi, zinc, iodium, selenium dll.


Kenapa Remaja Butuh Vitamin & Mineral?

Akibat kekurangan vitamin & mineral di dalam tubuh dapat menyebabkan masalah-masalah kesehatan. Untuk remaja sendiri gangguan yang sering terjadi adalah gangguan pertumbuhan, masalah kulit, masalah emosional/mood, kesulitan dalam berkonsentrasi yang mengakibatkan turunnya nilai akademik, kelelahan, tulang rapuh saat tua nanti, dll.

Vitamin & Mineral yang Dibutuhkan Remaja Serta Sumber Alaminya nama gambar
Jenis Vitamin nama gambar

→1. Nama : Vitamin A Fungsi : Mencegah masalah kesehatan mata, meningkatkan sistem imun, juga berperan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan sel serta menjaga kesehatan kulit.
Sumber :Banyak terdapat di sayuran & buah yang berwarna oranye seperti wortel, ubi, labu, apricot, peach, jeruk, pepaya, dan mangga. Terdapat juga di dalam susu, telur, dan hati. Untuk makanan biasanya terdapat dalam makanan yang sudah difortifikasi (ditambahkan nilai gizinya)

nama gambar

→ 2. Nama :Vitamin C
Fungsi : Dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, yaitu jaringan tissue yang menahan sel. Juga penting untuk pertumbuhan tulang, gigi & gusi, serta pembuluh darah. Vitamin C juga membantu penyerapan zat besi & kalsium, membantu dalam proses penyembuhan luka dan meningkatkan fungsi otak.
Sumber :Vitamin C dalam jumlah banyak dapat ditemukan di buah berry, kiwi, tomat, paprika hijau, brokoli, bayam, serta dalam jus buah jambu biji, anggur, dan jeruk.

nama gambar

→ 3. Nama : Vitamin D
Fungsi : Diperlukan untuk memperkuat tulang karena vitamin D membantu penyerapan kalsium oleh tubuh.
Sumber :Vitamin D merupakan vitamin yang unik karena dapat diproduksi sendiri oleh tubuh saat terkena sinar matahari. Sumber lain yang terdapat vitamin D adalah kuning telur, minyak ikan, dan susu yang sudah difortifikasi.

nama gambar

4. Na ma :Vitamin E Fun gsi : Vitamin E merupakan anti oksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan. Vitamin E juga penting untuk kesehatan sel darah merah. Sumber :Vitamin E dapat ditemukan dalam berbagai makanan, Seperti minyak nabati, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, alpukat, dan gandum.

nama gambar

Tingakan komentar anda/ga kasian pa ma yg Nulis

di poskan oleh hanest

Share

Back to posts
Comments:
[2015-03-22 14:05] depy:

wow


Post a comment


Anda Mau Punya Website Sendiri..yang Murah dan Berkualitas Hosting GratisHosting Murahhosting murah indonesia


♀ ♂ Anda Belum Punya Pasangan..?
Silahkan Daptar di SINi...↓↓
Cari Jodoh
Wirausaha Modal Kecil